Contact Person Pemesanan Paket Wisata

Rio Satrio No. Hp : 089661436415 Whatsap : 089661436415 Pin BBM : D8F18DDD Email : kiowaluyo@gmail.com

Situ Bagendit Garut

-- --
Banyak pilihan tempat wisata di Garut yang dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga, sahabat ataupun pacar. Berbicara tentang liburan yang pasti hal ini sangat disukai oleh pasangan muda - mudi yang sedang dalam masa pacaran. Nah, disini Paket Ngiuhan di Garut akan memberikan Anda informasi salah satu objek wisata yang paling cocok dipakai untuk liburan bersama pacar ataupun pasangan suami istri yang baru menikah, yaitu Situ Bagendit Garut.

Sebelum kita membahas tempat ini lebih jauh, ada baiknya kita harus tahu dulu Apa sih Situ Bagendit itu ? 

Situ Bagendit kalau dilihat dari namanya saja, sudah ketahuan bahwa situ ini merupakan sebuah danau dan bagendit merupakan sebuah nama orang. Jadi kalau secara logis situ bagendit ini merupakan sebuah danau yang diberi nama Bagendit dan karena kebanyakan danau sering di sebut - sebut situ oleh masyarakat kota Garut ini, jadi danau ini diberi nama Situ Bagendit. 

Asal muasal penamaan Danau Bagendit ini berasal dari kisah atau legenda yang menceritakan tentang salah seorang wanita bernama nyai Bagendit. Ingin tahu cerita lengkapnya, baca terus selengkapnya.


Asal Mu Asal Situ Bagendit 


Legenda Situ Bagendit

Dikisahkan dahulu kala hiduplah seorang wanita kaya raya bernama Nyai Bagendit. Ia tingga di sebuah desa di Jawa Barat. Namun sayang beribu kali sayang, wanita yang kaya raya ini sangat kikir dan juga tamak. Ketamakannya itu makin menjadi kepada orang - orang miskin dan juga pengemis. Suatu ketika Nyai Bagendit itu mengadakan syukuran di rumahnya karena semakin hari kekayaannya itu semakin bertambah. Di pesta pernikahannya itulah datang sesorang pengemis dengan memakai baju yang sobek compang camping dengan bertubuh kurus. Si pengemis itu meminta makanan di pestanya nyai bagendit tersebut.

"Tolong aku nyai, tolong berilah aku sedikit makanan. Aku sangat lapar"

Nyai Bagendit yang melihat rumah mewahnya itu dimasuki oleh pengemis yang kurus, kotor, dan juga compang - camping langsung marah - marah dan juga mengusirnya. 

"Dasar pengemis, kau tidak tau malu, lihat keadaanmu sekarang. Pergi kau dari rumahku sekarang" Bentak nyai Bagendit

Melihat perlakuan Nyai Bagendit tersebut yang sombong dan juga kikir, si pengemis tersebut langsung pergi meninggalkan rumah nyai bagendit. Namun setelah beberapa langkah dari rumah nyai bagendit, si pengemis tersebut menancapkan sebuah lidi ke tanah. 

Ke esokan harinya, masyarakat sekitaran sana merasa aneh ada sebuah lidi yang menancap ke tanah. Kemudian ada seseorang masyarakat yang mencabut lidi tersebut namun tidak berhasil meskipun telah beberapa kali. Karena hal tersebutlah masyarakat disana heboh dan satu persatu masyarakat disana berusaha untuk mencoba mencabut lidi tersebut, namun tidak pernah ada yang berhasil. 

Suatu kemudian, pengemis yang menancapkan lidi ke tanah tersebut mucul kembali dan langsung mencabut lidi itu. Setelah lidi itu tercabut masyarakat merasa aneh dengan kejadiannya dan muncul suatu pancaran air dari libang tempat lidi itu dicabut. Makin lama, air yang keluar dari lubang tersebut makin deras hingga membuat tempat di desa mereka sedikit kebanjiran. Karena masyarakat sangat takut air itu tak akan pernah berhenti keluar hingga membajiri seluruh desa mereka akhirnya seluruh penduduk desa tersebutpun mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, namun Nyai Bagendit yang tidak mau kehilangan harta dan juga rumahnya memilih untuk tinggal di desa hingga akhirnya desa tersebut menjadi tenggelam bersama harta bendanya. Penduduk lain berhasil selamat.

Konon begitulah mengapa danau tersebut dinamai dengan nama Situ Bagendit

Wisata Situ Bagendit


Situ Bagendit Garut

Legenda situ bagendit tersebut sampai dibuat film di tv nasional Indonesia dan sering di putar dibeberapa station televisi hingga akhirnya tempat ini cukup terkenal hingga ke beberapa daerah. Banyak para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini untuk melihat Situ Bagendit ini begitupun juga menggali lebih dalam sejarahnya. makanya dari itu tempat ini cukup populer di Garut. 

Saat ini objek wisata Situ Bagendit Garut menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan lokal maupun asing dan menjadi tempat yang paling cocok untuk liburan bersama pasangan maupun keluarga. Biasanya objek wisata ini dipenuhi wisatawan pada hari - hari weekend yaitu dari hari Jum'at hingga Minggu dan kebanyak wisatawan yang datang selain mereka yang ingin mengetahui lebih jauh tantang situ ini adalah para muda mudi yang sedang jatuh cinta karena tempatnya yang romantis. Namun tak jarang wisata ini juga dipakai sebagai salah satu tujuan dari wisatawan yang ingin melaksanakan gathering ataupun outing di Garut dengan pendampingan travel wisata. 

Yang menarik dan menjadi salah satu tujuan dari para wisatawan yang berkunjung adalah karena adanya sepeda air yang bisa mengajak wisatawan berkeliling mengelilingi danau Situ Bagendit yang luas ini.

Akomodasi 


Untuk akomodasi bagi para wisatawan yang berkunjung, di tempat ini juga sudah tersedia warung - warung kecil, mushola toilet dan tak jarang terdapat rumah - rumah warga yang disewakan. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah dan Anda pasti tidak akan tersasar apalagi jika Anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa bertanya pada sopir angkutan umum. Lokasi Situ Bagendit ini terletak di Kecamatan Banyuresmi Garut.

Dokumentasi Foto Situ Bagendit Garut


Berikut ini saya mempunyai beberapa dokumentasi foto tentang objek wisata Situ Bagendit Garut.






Video Situ Bagendit Garut 


Berikut ini saya mempunyai dokumentasi video situ bagendit saat saya sedang berwisata kesana :) 



Maps


Sedangkan untuk mapsnya Anda bisa ikuti jalur berikut ini.

Share on Google Plus

About Unknown

HdG Team Trip Planner, Wedding dan Event Organizer, Pendamping Wisata Garut Terpercaya dan Paling Berpengalaman dibawah naungan CV Hotel di Garut.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan, sudikiranya memberikan tanggapan. Gunakan inisial atau semisal karena anonim tidak kami harapkan.