Contact Person Pemesanan Paket Wisata

Rio Satrio No. Hp : 089661436415 Whatsap : 089661436415 Pin BBM : D8F18DDD Email : kiowaluyo@gmail.com

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Garut

-- --
Paket Ngiuhan di Garut kembali ingin mengulas satu lagi objek wisata pegunungan yang ada di Garut. Jika sebelumnya Gunung Guntur berada di ketinggian 2249 Meter di atas permukaan laut dan Gunung Papandayan berada di ketinggian 2665 Meter di atas permukaan laut, kini Gunung Cikuray Garut yang merupakan gunung paling tinggi  di Garut dengan ketinggian mencapai 2.820 Meter diatas permukaan laut ingin menemani wisata tracking Anda di Garut. 

Gunung ini terletak di Kecamatan Dayeuh Manggung dengan tipe gunung stratovolcano. Berbeda dengan kedua gunung diatas, gunung cikuray ini bukan merupakan gunung berkawah aktiv. Dengan ketinggian yang mencapai 2.820 tersebut gunung ini termasuk kedalam gunung tertinggi ke empat di Jawa Barat setelah gunung ceremai, gunung pangrago, dan gunung gede. Gunung Cikuray ini berada di perbatasan antara Kecamatan Bayongbong, Cikajang dan juga Kecamatan Dayeuhmanggung dan termasuk ke dalam iklim tropis basah. 


Jalur Pendakian Gunung Cikuray


Gunung Cikuray Garut

Sudah banyak yang mengatakan treck pendakian ke gunung ini cukup berat. Itu memang benar, jika Anda dalam kondisi yang kurang fit sebaiknya jangan lakukan pendakian ke Gunung Cikuray ini karena itu dapat membahayakan kesehatan dan nyawa Anda. Sebenarnya saya juga masih bingun mengenai penjelasan di treck pendakian ini, karena saya belum pengalaman atau belum pernah malaksanakan pendakiannya 😁 Tapi saya ada rencana melaksanakan pendakiannya sebelum bulan puasa tiba bersama kawan saya di kampung. 

Jadi artikel singkat ini akan saya perbaiki ketika saya nanti selesai melaksanakan pendakian tersebut. Menurut beberapa sumber yang saya dapat baik itu dari internet ataupun dari teman - teman saya yang tengah berpengalaman menaiki gunung ini, medan gunung ini sangat curam dengan kontur tanah yang rapat. Jadi saya sarankan apabila hujan tiba saya sangat menyarankan untuk Anda beristirahat terlebih dahulu. 

Untuk transportasi menuju ke gunung ini, Anda harus memulainya dari kota Garut karena mungkin dari kota Bandungnya Anda sudah tahu harus naik apa ke kota Garut. Pendakian ini mungkin bisa dimulai dari kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Perjalanan awal menuju ke Station Pemancar TV dari Cilawu bisa capai dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 - 3 jam atau Anda bisa menggunakan Ojek dengan waktu tempuh kira - kira 40 menit. 

Pada saat Anda diperjalanan menuju ke Station Pemancar TV, disana Anda akan melewati beberapa desa diantaranya :
  • Desa Babakan Loa
  • Desa Cisumur 
  • Desa Mekarsari 
  • Baru Anda bisa sampai di Station Pemancar TV
Dari Station Inilah perjalanan Anda dimulai dengan berjalan kaki. Untuk menuju pos satu dari station pemancar TV Anda akan menempuh jarak waktu sekitar 50 menit, dan 50 menit lagi untuk bisa sampai ke pos 2, sedangkan untuk bisa mencapai pos 3 anda harus berjalan kurang lebih 1,5 jam dengan kontor tanah yang rapat dan juga sangat curam. Itulah yang membuat waktu menuju pos 3 ini lama. 

Di pos 1, Anda bisa membangun tenda apabila Anda kemalaman di jalan dan di pos inii hanya bisa menampung kurang lebih 2 tenda. Begitupun dengan pos 2 dan juga pos 3 hanya bisa menampung 2 tenda. Akan tetapi ada area yang lebih luas dan nyaman untuk Anda membangun tenda yaitu di pos 4 yang mampu menampung hingga 4 tenda. 

Mungkin perjalanan dari pos 1 hingga pos 4 akan memakan tenaga dan juga menguras perbekalan Anda, maka dari itu ada baiknya perbekalan seperti Air dan yang lainya Anda persiapkan terlebih dahulu dari station pemancar TV supaya nanti tidak terjadi bolak balik dari atas ke bawah. 

Tidak sampai di pos 4, dari sana Anda harus berjalan kembali hingga sampai ke pos 6, Namun ada rintangan dari pos 4 ini yaitu adanya pos puncak bayangan. Enaknya dari perjalanan Anda pos 4 ini pepohonan tingginya tidak terlalu rapat, jadi Anda akan dapat berjalan lebih bebas dari biasanya. Untuk bisa sampai ke puncak, dari pos 6 Anda harus berjalan kembali sekitar 15 menit baru Anda bisa sampai di puncak. 

Membangun tenda di puncak ini adalah hal yang paling tepat dan juga yang paling nyaman, karena tempatnya yang sangat luas juga cukup aman. Puncak dari Gunung Cikuray menampilkan pemandangan indah kota dan juga pegunungan di wilayah Garut. Di sebelah barat tampak berjajar pegunungan sampai ke arah utara, mulai dari Gunung Papandayan sampai Gunung Guntur.

Ingat !!!

Ingat Garut,,, Ingat HDG !!!

Share on Google Plus

About Kio Waluyo

HdG Team Trip Planner, Wedding dan Event Organizer, Pendamping Wisata Garut Terpercaya dan Paling Berpengalaman dibawah naungan CV Hotel di Garut.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan, sudikiranya memberikan tanggapan. Gunakan inisial atau semisal karena anonim tidak kami harapkan.