Contact Person Pemesanan Paket Wisata

Rio Satrio No. Hp : 089661436415 Whatsap : 089661436415 Pin BBM : D8F18DDD Email : kiowaluyo@gmail.com

Gunung Guntur Garut

-- --
Gunung guntur merupakan salah satu gunung di garut yang terletak tepat di Sirnajaya Tarogong Kaler Garut Jawa Barat. Gunung ini merupakan salah satu gunung stratovolcano dengan memiliki ketinggian 2249 M dpl (Diatas Permukaan Laut). Gunung ini sempat beberapa kali mengalami kebakaran hingga akhirnya menimbulkan ke gundulan. 

Menurut sejarahnya, gunung guntur ini pernah menjadi salah satu gunung berapi paling aktiv di pulau jawa pada dekade 1800 san. Namun sejak itu aktivitas vulkaniknya kembali menurun yang disertai dengan lelehan lava, lavilli dan objek material lainya. Di Sebelah selatan Gunung Guntur terdapat Gunung putri yang lokasinya berhadap - hadapan dengan Gunung Papandayan dan juga Gunung Cikuray.

Wisata Gunung Guntur 


Gunung Guntur Garut

Berbeda dengan Gunung Papandayan Garut yang tempatnya hampir seperti objek wisata, Gunung Guntur ini lebih ke track untuk pendakian, tidak begitu disarankan untuk para pemula apalagi untuk rombongan tamu perusahaan yang ingin mengadakan gathering ataupun outing di Garut. Wisata Gunung Guntur ini biasanya dilakukan oleh para petualang - petualang handal yang sudah biasa mendaki gunung dengan treck yang cukup berat. 

Mendaki gunung ini sebenarnya lebih pendak dari dua gunung lainya di garut yaitu Gunung Papandayan & Gunung Cikuray. Akan tetapi walaupun pendek track pendakian ke gunung ini ada beberapa yang menyebutkan paling berat dari dua gunung tersebut. Bahkan dalam sebuah postingan artikel ada yang menulis dengan judul " Mendaki Gunung Guntur Pendek Tapi Menyiksa ". Itu memang benar karena terjalnya tanjakan ke gunung ini melebihi gunung cikuray yang tingginya jauh melebihi gunung guntur. 

Pengalaman saya sendiri setelah dulu melakukan track pendakian ke gunung ini bersama teman - teman di kampung adalah memalui jalur Cikahuripan yaitu masuk dari pertigaan samarang yang mau ke arah sampireun dan mulai berjalan kaki dari daerah Ciparai. Dari Ciparay kami hanya mengikuti jalan dengan melewati perkampungan dan perkebunan. Selama di perjalanan kami sengaja banyak - banyak bercanda bersama teman untuk sedikit menghilangkan rasa capek. 

Untuk cerita lengkapnya mengenai pengalaman saya selama mendaki gunung Guntur ini bisa Anda lihat di postingan saya di website wisatadigarut.com dengan judul " Mendaki Gunung Guntur Via Cikahuripan " yang jelas pendakian ke gunung ini Anda memerlukan tenaga yang ekstra keras dan biasanya teman - teman saya yang merupakan pendaki hampir tiap bulan bahkan kalau lagi semangat hampir tiap minggu melakukan wisata ke Gunung Guntur ini. 

Mendaki gunung ini memang sangat melelahkan, akan tetapi rasa lelah tersebut akan terbayar ketika Anda mulai setengah perjanalanan yang disuguhi dengan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan. Apalagi sesudah Anda sampai di puncak, rasa stress, semua masalah yang Anda hadapi semua akan hilang sejenak ketika melihat indahnya pemandangan kota Garut dengan udara gunung dingin yang segar. 

Transfortasi dan Jalur ke Gunung Guntur


Untuk transfortasi ke Gunung Guntur, bila dari kota Bandung Anda bisa menggunakan elf arah Garut dengan berhenti di Daerah Tanjung dekat pom bensin dari sana Anda bisa mulai berjalan atau menggunakan ojek untuk bisa sampai ke tempat pengangkutan kesik. Dari sana Anda bisa langsung ikut dengan truk yang agar bisa sampai di pos 1.

Sebenarnya untuk jalur ke Gunung guntur ini terdapat dua jalur yaitu melalui arah tanjung tersebut atau melalui Cikahuripan. Namun yang saya sarankan Anda dapat melalui jalur Tanjung supaya lebih aman karena melalui jalur Cikahuripan menurut beberapa sumber kurang aman. 


Tiket Masuk Gunung Guntur 


Untuk tiket masuk ke Gunung Guntur ini sebenarnya sangat murah hanya Rp. 12.500,- untuk melapor ke petugas dan biaya kebersihan. Justru yang mahal itu adalah ongkos perjalannya untuk bisa sampai di Garut, Apabila dari Bandung Anda menaiki elf biaya yang akan Anda keluarkan adalah sekitar 30 - 50 ribu dilanjutkan dengan menaiki ojek atau mobil pick up dengan biaya Rp. 15.000,-. Namun sebenarnya jika Anda memalui jalur cikahuripan tidak ada pungutan biaya untuk tiket masuk ke gunungnya dan biayanya gratis. 

Video Gunung Guntur Garut 




Share on Google Plus

About Kio Waluyo

HdG Team Trip Planner, Wedding dan Event Organizer, Pendamping Wisata Garut Terpercaya dan Paling Berpengalaman dibawah naungan CV Hotel di Garut.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan, sudikiranya memberikan tanggapan. Gunakan inisial atau semisal karena anonim tidak kami harapkan.